Posted in Biografi, Guitarist, Guns N' Roses

Biografi “Slash”

Saul Hudson (lahir di Hampstead, pinggiran kota London, 23 Juli 1965; umur 45 tahun),lebih sering diketahui sebagai Slash sebagai nama panggungnya, adalah seorang gitaris berkebangsaan Amerika-Inggris. Slash adalah mantan lead guitarist Guns N’ Roses dan sekarang sebagai lead guitarist velvet revolver.

Kehidupan Awal

Slash lahir di Hampstead, pinggiran kota London. Ayah Slash berasal dari Inggris, sedangkan ibunya keturunan Amerika-Afrika. Ibu Slash, Ola Hudsons, adalah seorang perancang pakaian yang bekerja untuk David Bowie, dan bapaknya adalah seorang seniman yang menyumbang ansambel hidup bagi musisi terkenal termasuk Neil Young dan Joni Mitchell. Slash dbesarkan di kota Stoke-on-Trent, Staffordshire, sampai ia berumur 11 tahun, saat orang-tuanya memindahkan keluarganya ke Los Angeles, California di pertengahan tahun 1970. Tetapi kemudian orang tua Slash berpisah, dan setelah itu, Slash tinggal bersama ibunya dan David Geffen. Dia diberikan nama panggilan “Slash” oleh teman keluarganya, Seymour Cassel. Saat berumur 16, sebelum ia dikeluarkan dari sekolah Crespi Carmelite, Slash diberikan gitar pertamanya oleh neneknya. Gitar itu hanya mempunyai 1 helai tali (string). Dia menghabiskan setiap harinya untuk berlatih. Akhirnya, fokus seluruhnya dipertaruhkan atas musik dan dia membuat keputusan untuk berhenti sekolah. Di artikel majalah Rolling Stone, katanya:
My big awakening happened when I was fourteen. I’d been trying to get into this older girl’s pants for a while, and she finally let me come over to her house. We hung out, smoked some pot and listened to Aerosmith’s Rocks. It hit me like a fucking ton of bricks . I sat there listening to it over and over, and totally blew off this girl. I remember riding my bike back to my grandma’s house knowing that my life had changed. Now I identified with something.
(Kebangkitan besar saya terjadi ketika saya berumur empat belas tahun. Saya sudah mencoba memasuki celana gadis ini yang lebih tua untuk sesaat, dan dia akhirnya membiarkan saya datang ke rumahnya. Kami berkeluyuran, menghisap beberapa batang dan mendengarkan lagu Aerosmith, Rocks. Itu memukul saya seperti tertimpa satu ton bata. Saya duduk di sana mendengarkannya berulang-ulang kali dan secara total mengesampingkan gadis ini. Saya teringat saat mengendarai sepeda saya kembali ke rumah nenek dimana saat itu saya mengetahui hidup saya telah berubah. Sekarang saya bisa memahami sesuatu.)
Disamping Aerosmith, pengaruh awal Slash termasuk AC/DC, Alice Cooper, Black Sabbath, Jeff Beck, Eric Clapton, Iron Maiden, Rory Gallagher, Jimi Hendrix, David Bowie, Led Zeppelin, Queen, Rolling Stone, Thin Lizzy, Van Halen dan Festival of Weeks. Pada tahun 1983, setelah gagal bergabung dengan Poison bersama teman masa kecilnya, Steven Adler, mereka bersama membentuk Road Crew. Slash menempatkan iklan di sehelai koran untuk bassis, dan setelah itu ia menerima jawaban dari Duff McKagan. Ketika Road Crew bubar, Slash bergabung dengan band lokal, Black Sheep. Diketuai oleh Willie Bass, band ini kemudian saling berbagi seorang agen dengan band lainnya, yang dikenal sebagai Hollywod Rose. Pada 1984, kedua band tersebut membuka untuk band Christian Metal Stryper. Setelah pertunjukan tersebut, Slash dan lead singer Axl Rose diperkenalkan kepada satu sama lain oleh seorang teman. Keduanya dengan cepat menjadi teman, dan setelah beberapa bulan, Slash dan Steven Adler diundang bergabung dengan Axl Rose, Duff McKagan dan Izzy Stradlin sebagai personel band, Guns N Roses.
Penyebab keluarnya slash didalam guns n’ roses

Sempat terdengar berita dikarenakan porsi gitar slash digantikan oleh paul tobias, yang adalah teman lama axl. Slash ngambek dan cabut dari guns n’ roses. dan disusul oleh duf dan matt sorum yg mulai tidak tahan dengan tingkah sang vokalis yg berniat merubah aliran musik mereka. Dilain sisi diceritakan bahwa sebelum memutuskan untuk keluar dari guns n’ roses slash sempat kecewa terhadap axl yang tidak menghargai ciptaan-nya dan sempat membentuk SLASH SNAKEPIT bersama Gilby Clarke dan Matt Sorum. Dan menimbulkan gesekan dengan Axl Rose……

Kenapa Slash berani keliling tur selama 6 bulan bersama Gilby dan Matt Sorum dengan band barunya, tanpa seijin Axl? Slash merasa lagu2nya tidak dibutuhkan oleh Axl (baca GNR) sehingga ia menyanyikannya di band barunya tsb.

Axl menganggapnya seorang Pengkhianat besar…….Slash tidak betah dan akhirnya keluar…slah tidak betah karena tidak ada materi baru yang bisa menjamin masa depan GNR.

Axl Rose dan Slash Tolak Reuni Guns N’ Roses 

Siapa sangka rocker beken seperti Axl Rose dan Slash masih menyimpan rasa benci satu sama lain hingga sekarang. Axl Rose dan Slash secara kompak menolak untuk kembali membentuk formasi Guns N’ Roses seperti dulu. Grup band yang melambung di era 80-an ini mengalami perjalanan yang cukup pahit dimana satu per satu personil mereka dikeluarkan dari band.

Di tahun 1990, drummer Stever Adler dikeluarkan karena tersandung kasus drug yang kemudian disusul oleh keluarnya gitaris andalan mereka Slash di tahun 1996. Slash sendiri kini sukses dengan band garapannya yaitu Velvet Revolver.

Sebelumnya Slash mengatakan bahwa dia sudah tidak memiliki rasa yang sama seperti dulu lagi bersama Guns N’ Roses. “Selama tur terakhir, kita serasa seperti memainkan musik begitu saja, buruk dan semakin memburuk,” ujar Slash kepada Britain’s GQ Magazine.

“Tidak mungkin bagi kami bahkan untuk berada di dalam satu ruangan dan menciptakan musik. Hal ini sangat menyedihkan ketika kejadian-kejadian manis sudah tidak ada lagi, meskipun kami masih hidup dan tinggal di planet yang sama,” imbuh Slash.

Slash pertimbangkan balik ke Guns N’ Roses
Para penggemar Guns N Roses boleh sedikit berlega kali ini. Pasalnya, sang gitaris, Slash, baru saja ‘merendahkan’ syarat agar dirinya bisa kembali ke band yang menbesarkan namanya ini. 

Slash dan Duff McKagan keluar dari band ini di tahun 1990 silam setelah berseteru dengan Axl Rose. Mereka pun membentuk band mereka sendiri yang bernama Velvet Revolver.

McKagan, sang bassist, baru-baru ini akhirnya berbaikan dengan Rose dan keduanya kembali tampil satu panggung di London, Oktober 2010 lalu. Sayangnya, Slash, sang gitaris legendaris, tak tampak turut bergabung dengan kawan-kawannya ini.

Untungnya, Slash baru saja menyatakan bahwa dirinya akan bersedia kembali bersama Guns N Roses, hanya jika Rose datang dan meminta maaf lebih dahulu kepadanya.

“Ini akan menjadi sebuah panggilan yang sangat mengejutkan bagiku. Kalau hal ini sampai terjadi, maka aku harus membersihkan laciku yang penuh kotoran. Tapi kukira tak akan terjadi. Tapi, kalau terjadi, maka aku akan melakukan apapun untuk paling tidak berdiskusi tentang hal itu,” ungkap Slash.

Penulis:

Bernamakan Hendrik kristiawan atau biasa disebut oleh sekitar lingkungannya dengan nama crypiz, dari anak ke dua oleh kedua orang tuanya... wkakakakaka seng gak seneng opo cok...

5 thoughts on “Biografi “Slash”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s