Posted in Aerosmith, Biografi, Guitarist

biografi “Joe Perry”

“Kami berangkat dari strategi yang ada, yaitu menawarkan ramuan musik musik bagus hasil dari apa yang telah ada. Ketika orang menyebut itu musik Aerosmith, saya yakin hal tersebut menjadi bukti keberhasilan kami,” kata Joe Perry yang bernama lengkap Anthony Joseph Perry.

 

Perkataan gitaris kelahiran Lawrence itu, Massachusetts, Amerika Serikat pada 10 September 1950 ini, bukannya tanpa alasan. Setumpuk penghargaan telah mereka terima, salah satunya ketika mereka dinobatkan sebagai grup Heavy Metal favorit dalam American Music Awards. Pun majalah Rolling Stones memvonis mereka sebagai grup penjualan album sampai 35 juta keping kaset.

Gitaris band Aerosmith asal Amerika Serikat kembali merilis album solo, seperti dilansir situs – web Billboard.com. Dalam album Self-Titled, Joe menyuguhkan kemahirannya memainkan semua instrumen musik dan vokal, minus drum. Album itu juga dirilis di bawah bendera Columbia Record. Perry juga memproduseri keseluruhan album barunya itu, termasuk menjadi co-mixing yang dibantu oleh Paul Caruso.

Menurut Bilboard, bagian terpenting dirilisnya album solo Perry adalah munculnya sisi sensitif dan romantisme dari sosok sang gitaris, Seperti dalam Ten Years, sebuah nomor midtempo ballad yang ia tulis untuk istrinya, Billie, demi perayaan 10 ulang tahun pernikahan mereka.

Dalam single seperti Shakin My Cage dan Lonely, ia menampilkan kepiawaian bermain gitar dan menorehkan cap rockin guitar style miliknya dalam lagu tersebut. Saya banyak menghabiskan waktu untuk menggali lebih dalam lagi. Walau tak dipungkiri bekerja dengan empat pria dalam Aerosmith saya harus menyublimasikan ego saya agar dapat terus beradaptasi, katanya.

 

Perry menambahkan, album solonya ini membuat ia bisa mencurahkan seluruh ego dan pikirannya dalam memilih dan menentukan yang terbaik untuk dirinya dan mana yang tidak. “Semua saya sendiri yang menentukan. Mungkin itu hal yang paling  menakutkan”.

 

 

Penulis:

Bernamakan Hendrik kristiawan atau biasa disebut oleh sekitar lingkungannya dengan nama crypiz, dari anak ke dua oleh kedua orang tuanya... wkakakakaka seng gak seneng opo cok...

5 thoughts on “biografi “Joe Perry”

  1. iya bro, itu maksud saya…saya itu meresensi buku yang kebetulan memang isinya biografi GNR. nah tentang saya mencantumkan :Paul Stenning, Biografi GNR bla-bla-bla itu adalah referensi…daftar referensi yang kalau dibuku-buku itu seperti daftar pustaka.

    karena saya juga kaum pembelajar maka setiap yang saya tuliskan itu saya cantumkan daftar referensi saya agar orang yang membaca blog yang saya tulis bisa tahu darimana ide dan referensi saya untuk membuat tersebut. karena nantinya jika orang yang membaca blog saya tersebut ingin bertanya lebih jauh misalnya maka dia bisa membuka atau mencari dari referensi yang saya cantumkan.

    alasan kedua adalah saya tidak mau dicap sebagai plagiat, maka saya cantumkan nama-nama referensi tentu untuk memberi tahu pembaca bahwa informasi yang lebih lengkap berada dalam referensi tersebut.

    tidak ada maksud untuk menghina-hina kamu bro…cuma jika meng-kopi paste 100% milik orang lain haruslah memberi tahu…agar yang punya tidak marah. ini wajar dan rasional, umpamakan saja jika pacar anda diajak jalan sama cowok lain maka hal pertama yang anda lakukan adalah “Bertanya” apa yang terjadi. dan yang saya lakukan adalah mengkonfirmasi ke kamu terlebih dahulu tentang hal ini….karena saya sebagai penulis merasa di kopi paste 100%.

    saya kalaupun mengkopi punya orang juga tak sampai 100%, dan ada daftar referensinya…alias secara tidak langsung meminta izin.

    saya harap anda mengerti jika sesama pecinta musik Rock..tidak ada permusuhan diantara kita, yang ada adalah sekedar klarifikasi….jangan ditanggapi dengan emosional.

  2. Slash meninggalkan GNR itu tahun 1995 (secara tidak resmi) karena marah dengan Axl Rose yang menindih Solo Gitarnya dalam lagu “Sympathy For The Devil” dengan solo gitar Paul Tobias. (Maka jika kau dengar lagu Sympahty For The Devil-nya GNR akan ada dua suara solo gitar). maka sejak itu Slash tidak berlatih bersama GNR.

    karena Axl Rose terlalu otoriter maka kemarahan Slash itu dianggap angin lalu saja, tanpa ada satupun permintaan maaf dari Axl Rose atas kejadian itu. malahan Paul Tobias dijadikan Rhytm Gitar GNR (sampai akhirnya tahun 2002 Paul Tobias keluar).

    tahun 1995 Slash mengumpulkan Matt Sorum, Dizzy Reed dan Gilby Clarke dan mereka “jamming”, dan akhirnya Slash, Gilby dan Matt Sorum membentuk “Slash Snackepit” (pasti kamu tau). lagu-lagu dalam album pertama Slash Snakepit ini adalah sebagian besar karya Slash yang tidak digunakan dalam GNR.

    Mengetahui hal ini maka Axl Rose sangat marah kepada Slash karena status Slash belum resmi keluar sebagai anggota GNR tetapi mengajak para personel GNR untuk membuat Band baru……dilain kesempatan mala Slash Snakepit mengajak Teddy Andreadis (pemain seksofon dan keyboard dalam Tur GNR) untuk menjadi bintang tamu dalam beberapa tur dunia Slash Snakepit (1995-1996).

    Sampai pada tahun 1996 akhirnya Slash menyatakan resmi keluar dari GNR karena sistem managerial dan sistem dalam GNR dikontrol penuh oleh Axl Rose. Semua seakan tidak mempan karena Axl Rose sangat otoriter, rencana album (yang kemudian disebut Chinese Democracy) tidak ada materi apapun sampai tahun 1996.

    meski sempat vakum, Slash Snakepit muncul lagi ditahun 1999-2000, saat itu sudah tidak ada lagi Gilby Clarke dan sudah berganti vokalis.

    Duff McKagan bergabung dengan Neurotic Outsider hanya beberapa saat saja, dan membentuk band sendiri bernama LOADED. dimana Duff McKagan menjadi Backing vokal utama. Loaded masih ada sampai sekarang.

    Izzy Stradlin bermain Solo sejak tahun 1992 dan menelurkan beberapa album, diantaranya album free alias gratis yang bisa diunduh lewat internet.

    Steven Adler sejak tahun 1989 sudah masuk panti rehabilitasi narkotika, diantara para personel GNR dialah yang paling parah. hingga ia bisa sembuh total dari pengaruh narkoba pada tahun 2009. (20 tahun) perjuangan Steven Adler ini kemudian dibukukan oleh sang Ibunda…Steven Adler juga menulis biografi tentang perjuangannya menghadapi narkoba. saat ini dia membentuk band bernama Adler Appetite. yang menyanyikan lagu-lagu lawas GNR.

    Akhir tahun 1999 Slash mengumpulkan Duff, Izzy dan Matt untuk merebut hak lisensi nama “Guns N’ Roses” dari tangan Axl Rose. namun gagal karena nama lisensi “Guns N’ Roses” sudah ada ditangan Axl Rose sejak tahun 1992 yang saat itu disetujui Slash.

    tahun 2002, Slash, Duff dan Matt Sorum berkumpul bersama dan menamakan dirinya sebagai “The Project”. mereka sering tampil live di beberapa acara sehingga orang menganggap ini adalah sebauah reuni besar.

    The Project kemudian berkembang dan berubah nama menjadi “RELOADED” dan sudah mempunyai vokalis tetap yaitu Scott Weiland.

    Tahun 2004 mereka merilis album, namun kali ini mereka menamai menjadi “VELVET REVOLVER”. nama VR ini diusulkan oleh Scott Weiland karena mereka masih merefleksikan diri sebagai “Guns” / Pistol. album pertama ini (Contraband) laku keras melebihi ekspetasi mereka….publik kangen dengan GNR maka mereka sangat suka dengan band ini yang merefleksikan “Guns N’ Roses”.

    tahun 2006 VR kembali menelurkan album (Libertad). album ini laku keras juga walaupun menurun dan tidak selaku album pertama mereka.
    Libertad melakukan konser keliling dunia….hingga pada tahun 2008 di Glasgow, terjadi peristiwa yang membuat Slash marah besar terhadap Scott Weiland. saat itu Weiland membocorkan rahasia pribadi band dan ia berkata bahwa “Ini adalah konser terakhir VR”. ini membocorkan rahasia bahwa band sedang menghadapi perterngkaran, menghadapi masalah. ini adalah hal lazim dalam band bahwa jika perbedaan paham itu biasa namun jangan sampai diumbar kepada publik.

    Beberapa kali Scott Weiland mengeluhkan dan tidak suka dengan “suasana” di VR yang terlalu “Guns N’ Roses” (maklum di VR ada tiga mantan GNR). Scott Weiland pernah beberapa kali berkata bahwa ia sebenarnya lebih baik daripada Axl Rose.

    pernyataan Scott ini kemudian ditampik oleh Slash, Slash mengomentari pernyataan itu dan seharusnya Weiland tidak membandingkan dirinya dg Axl Rose. meskipun Slash masih bermusuhan dg Axl pada saat itu Slash secara tersirat membela Axl Rose dan tidak mau membandingkan Weiland dg Axl Rose yang dianggap Slash sebagai vokalis sangat hebat yang bisa merubah warna vokal hingga tiga kali dalam satu lagu.

    pernyataan di Glasgow dan bualan-bualan Weiland sebelumnya membuat Slash beserta Duff resmi memecat Scott Weiland. saat ini Weiland kembali mengadakan reuni bersama band lamanya (Stone Temple Pilots).

    Matt Sorum juga sangat muak dengan bualan-bualan Scott di jeda-jeda konser VR. Matt menanggapi bahwa Scott Weiland hanya membual saja, ingatlah bahwa selicik Axl Rose nyatanya bisa membuat para fans datang ke konser kami dan Axl Rose mampu menghadirkan 200 ribu orang dalam konser2 kami. (Ungkap Matt Sorum mengingat masa-masa bersama GNR). Ungkapan Matt ini tersirat bahwa Matt juga tidak suka cara Scott Weiland dalam mengomentari Guns N’ Roses.

    tahun 2009 VR vakum, maka masing masing personel menyibukkan diri. Duff dengan Loaded sempat merilis beberapa album (namun tidak sesukses yang dilakukan Slash).
    Slash mulai dengan proyek album solonya dengan mengajak beberapa musisi kondang, dan mengajak pula Duff, Steven Adler dan Izzy Stradlin.

    album Slash yang bertajuk “RnFn’R” atau “SLASH” keluar dipasaran pada awal 2010. Slash megadakan tur keliling dunia dengan mengajak vokalis Alter Bridge, Myles Kennedy.

    Desember 2010 Slash World Tour istirahat sejenak. hal ini dilakukan agar Myles bisa mengadakan tur bersama Alter Bridge yang mempromosikan album terbarunya (Isolation). pada jeda ini pula Slash bersama VR mengadakan audisi vokalis VR. sebenarnya Slash sangat tertarik dengan Myles Kennedy tetapi Slash tidak mau menghancurkan band Alter Bridge. dan pada awal 2011 media menerima bocoran bahwa vokalis yang terseleksi adalah mantan vokalis Slipknot.

    awal 2011 Slash mengadakan tur kembali bersama Myles Kennedy. kali ini Myles Kennedy berjanji kepada Slash bahwa nanti dia akan mengisi semua vokal dalam album terbaru slash nantinya. Slash sangat senang, walaupun Myles tidak bisa ke VR namun mereka masih tetap bekerja sama. Slash menganggap bahwa pribadi Myles Kennedy sangat santun (mungkin Slash membandingkan dg Scott Weiland yang agak brutal).

    =======
    Izzy sudah reuni dg Axl Rose sejak tahun 1993, dan ia tampl lagi bersama new GNR tahun 2006. Izzy juga akan menyumbang lagu dalam album terbaru GNR nanti.

    Duff, dia sudah manggung bersama New GNR pada pertengahan tahun lalu.

    Gilby Clarke yang dipecat Axl tahun 1995, sudah mengadakan “Jam Session” bersama Axl Rose ditahun 2000.

    Steven Adler sudah menyatakan niatanya untuk kembali reunian dan mengaku tidak punya masalah dg semua personel GNR.

    Matt Sorum sudah memaafkan Axl Rose yang dulu pernah memecatnya.

    Kini tinggal Axl Rose agar minta maaf dan memaafkan Slash. mengapa Axl Rose dendam kesumat terhadap Slash??

    karena Slash dulu mengambil bagian-bagian dari GNR tanpa seijin management GNR, karena dulu Slash menganggap jika ia pergi dari GNR maka GNR akan hancur total.

    Mengapa Slash bisa benci pada Axl Rose dan meninggalkan GNR??
    Karena GNR tidak melakukan apapun sampai tahun 1996, tidak ada materi apapun untuk direkam. yang ada hanyalah materi-materi “cover version”.
    dan Slash sangat tidak suka dengan cara-cara Axl Rose yang terlalu otoriter dan mau menang sendiri dalam perencanaan masa depan GNR. padahal masa depan GNR tidak terlihat karena tidak ada materi apapun!!! materi dari Slash ditolak sehingga Slash menuangkannya dalam Slash Snakepit. inilah yang membuat Slash pergi dan benci karena merasa tak dihargai…

    ============

    ——————————————————————————————————–

    1. tapi mungkin saat ini saya sudah mulai tidak tertarik bro… karena sibuk kerja, tapi saya juga sempat merasakan menjadi seorang gitaris dipanggung-panggung dengan gaya seseorang yang mungkin aku sendiri kurang paham… teruslah menulis jika itu pelajaran yang ingin kamu kuasai… karena jujur saya juga tertarik, tetapi saya juga mengecewakan karena saya ada dibidang yang berbeda dengan bakat saya tentang musik… wah… saya harus lebih banyak belajar…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s